MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) DESA KEBANDUNGAN TAHUN 2020

Rabu, 16 September 2020 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintahaan Desa Kebandungan mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) dihadiri RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, PPK, KPMD, PD/PLD dan Perwakilan Tim dari Kecamatan Bodeh.

Musyawarah berlangsung selama 2 jam dimulai pukul 13.00 s/d 15.30 WIB, dalam acara tersebut Muyasyaroh (Kepala Desa) menjelaskan bahwa pelaksanaan musyawarah ini dimaksudkan untuk mendapatkan perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022,menyepakati Tim Delegasi Musrenbangkec, dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). khusus untuk musyawarah pembangunan hasilnya bisa diambil usulan kegiatan yang baru maupun usulan kegiatan yang selama tahun 2020 ini tertunda akibat pandemi Covid-19.

Supriyono selaku Sekretaris Desa menambahkan bahwa pembangunan fisik dari dana Desa yang tertunda pada tahun 2020 adalah Peningkatan Jalan (Rabat Beton) di RT 001/RW 001, Drainase RT 002/RW 001, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) di RT 003/RW 001, dan melanjutkan pembangunan Gedung Olah Raga (GOR). Supriyono berharap semoga pembangunan yang tertunda dapat dilaksanakan pada tahun 2021 dengan keputusan bersama dalam musyawarah ini.

Fathkhurrohman selaku pemimpin rapat memberi kesempatan kepada peserta musyawarah untuk mengusulkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat baik pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat dalam bentuk non fisik dan dari musyawarah kesempatan tersebut mendapatkan beberapa usulan diantaranya adalah :

  1. Maryanto mengusulkan Talud sawah Kedungbaya sepanjang 150m, Pemeliharaan Tersier belakang rumah Lebe Saeroji sepanjang 10m, Pemeliharaan Tersier Kedungbaya sepanjang 10m, Pemeliharaan tersier RT 001/RW 001 sepanjang 10m
  2. Tutur Susanto : Pemeliharaan Talud RT 003/ RW 001 sepanjang 10m, PAL listrik RT 002/001 dan RT 003/001, Pelatihan Rias Pengantin
  3. Muharso : Pembangunan Drainase Musola mbah Rail sepanjang 60m ke Timur
  4. Edi Purnomo : Pemeliharaan jalan RT 003/004, Pelatihan servis HP
  5. Tarjoyo: Kualitas pembangunan akan lebih baik
  6. Nurohim : Papingisasi jalan selatan MI untuk lalu lintas dan parkir  jamaah masjid
  7. Kartika Dewi Martaningtyas (Bidan) : Pelatihan pengelolaan sampah
  8. Dwi Murniati : Penambahan anggaran PMT Balita dan Ibu Hamil, Pembuatan mebeler TK terstandar
  9. Munaroh: Belanja karpet/kambal untuk kegaiatan di desa

Usulan Prioritas pembangunan yang dianggarakan dari anggaran kabupaten adalah :

  1. Fisik: Rabat Beton Jalan Usaha Tani
  2. Non Fisik: Pelatihan Servis HP

Tim Delegasi Musrenbangkec disepakati sebagai berikut :

  1. Kepala Desa
  2. Fathurrohman (BPD)
  3. Tarjoyo (LPMD)
  4. Muharso (Tokoh Masyarakat)
  5. Dwi Murniati (PKK)
  6. Imron Abu Umar (KPMD)

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)

  1. Suto Kencono
  2. Imron Abu Umar
  3. Indah Riyanti

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Kebandungan ditutup tepat pukul 15.30 dengan penanda tanganan Berita Acara yang diwakili oleh 5 peserta Musyawarah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *