LINMAS MUDA DESA KEBANDUNGAN

Kebandungan.desakupemalang.id- Minggu, 21 Januari 2018 bertempat di Balai Desa Kebandungan Panitia Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Desa Kebandungan mengadakan Pelatihan Pendidikan Dasar Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam rangka regenerasi garda terdepan sebagai penjaga dan pelindungan keamanan dan ketertiban di masyarakat desa. Pelatihan Diksar ini dihadiri Muspika Kecamatan Bodeh antara lain Imron Hasani (Tapem Kecamatan Bodeh), Sri Sugiarti (Kasi Pemberdayaan Masyarakat) dan Suroto (Babinsa Kecamatan Bodeh) sebagai nara sumber materi DIKSAR.

Imron Hasani (Tapem Kecamatan Bodeh) menjelaskan bahwa LINMAS menjadi skup nasional yaitu menjadi unsur masyarakat yang mengawal dan menjaga keamanan masyarakat. Kiprah LINMAS begitu penting sebagai garda terdepan karena sekarang ini globalisasi sangat memengaruhi tatanan kehidupan, perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri menjadikan moral dan kebrsamaan menjadi bergeser, kehidupan individual, respon saling menghormati dan saling menjaga sudah mulai hilang. Oleh karena itu, adanya LINMAS sangat penting di desa.

Pelatihan Dasar LINMAS adalah untuk membekali teknik-teknik dasar kemampuan baik secara fisik maupun pengetahuan materi. Diantara materi dasar yang harus dikuasai adalah PBB dan Tugas pokok dan fungsi ke-LINMAS-an serta hak dan kewajibannya. Saat ini LINMAS di Desa Kebandungan mayoritas sudah memasuki usia tua sehingga Pemerintah Desa membuka perekrutan LINMAS baru yang diisi orang yang muda sebagai regenerasi dengan alasan bahwa fisik pemuda masih kuat sehingga mampu untuk menjaga keamanan dengan maksimal tanpa ada keraguan sedikitpun dan alhamdulillah respon antusiasme pemuda begitu besar yang terlihat dari peserta mayoritas pemuda mencapai 85% dari 20 peserta perekrutan “ucap ketua Panitia (Gunawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *