DESA KEBANDUNGAN MENYAMBUT JAMBORE FORUM KESEHATAN DESA (FKD) 2017

Kebandungan.desakupemalang.id Untuk menjalin silaturahmi antara kader kesehatan dan pengurus  Forum Kesehatan Desa (red: FKD) dan menambah wawasan serta  pengetahuan kader kesehatan   atau  pengurus  FKD   Desa Kebandungan, Pemerintah Desa Kebandungan dalam hal ini Kepala Desa  dan Bidan Desa mengadakan rapat Kamis (28/10/2017) pukul 14.00 WIB di Balai Desa Kebandungan untuk persiapan mengikuti Jambore FKD dan ODF 2017 sebagai tindak lanjut surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang kepda Puskesmas Kecamatan Bodeh.

Selain itu untuk meningkatkan keberanian untuk tampil di tempat umum dalam setiap lomba baik itu lomba cerdas cermat maupun lomba ilmu pengetahuan lainnya. Yang lebih penting untuk melatih kepemimpinan dan kepercayaan diri serta melatih berpikir cepat, tambahnya Kepala Desa (Muyasyaroh) dalam sambutannya.

Menurut Dewi Kartika (Bidan Desa), sasaran pelaksanaan lomba cerdas cermat adalah kader kesehatan   atau pengurus FKD. Lomba  yang dibagi menjadi 2 sesi waktu yaitu tanggal 14 Oktober dan 16 oktober 2017 diselenggarakan di PTP Nusantara Desa Semugih Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Pada tanggal 1410/2017 materi yang dilombakan adalah :

  1. Desa Siaga
  2. GERMAS (Gerakan Masyarakat)
  3. Kesehatan Ibu dan Anak
  4. PHBS (Peduli Hidup Bersih dan Sehat)
  5. Penyuluhan
  6. LCC (Lomba Cerdas cermat)

Dipersyaratkan untuk diikuti peserta para  kader kesehatan atau pengurus FKD yang namanya tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Desa yaitu sebagai berikut:

  1. Muyasyaroh (Kepala Desa)
  2. Dwi Murniati (Ketua TPKK)
  3. Gunawan (Ketua FKD)
  4. Supriyono (Sekretaris FKD)
  5. Budi Utomo (Bendahara FKD)
  6. Dewi Kartika (Bidan Desa)
  7. Uun Kurniati (Kader PKK)
  8. Maryani (Kader Kesehatan)
  9. Indah Riyanti (Kader Kesehatan)
  10. Dwi Yusnaeni (Kader PKK)

Sedangkan perwakilan lomba ODF (Open Defecation Free) tanggal 16 Oktober 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Saeroji (Kasi Pelayanan)
  2. Hanji Rustono (Kasi Kesejahteraan)
  3. Imron Abu Umar (KPMD)
  4. Maliki (Ketua Karang Taruna)
  5. Nurhidayati (Kader Kesehatan)
  6. Indah Riyanti (Kader PKK)
  7. Dewi Kartika (Bidan Desa)

 

Dalam pelaksanaan lomba, hal yang menjadi penilaian adalah kekompakan menjawab puzzle, mengikuti permainan outbond dan yel-yel. Dalam kemampuan semua ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang terkait baik secara lintas program maupun lintas sektoral. Parsipasi kader kesehatan ini perlu  diwadahi dalam bentuk kelembagaan yang ada saat ini berupa Forum Komunikasi Pengembangan Desa dan kelurahan Aktif yang dilengkapi dengan pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pengembangan Desa dan kelurahan Siaga.

Acara ditutup pada pukul 16.00 WIB dengan menetukan waktu persiapan latihan awal pada hari Jum’at 29 September 2017 pukul 14.00 WIB.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *